Indonesia Women's Empowerment Program

Photo from pexel.com

Iwep.org, Jakarta – Mom’s memasuki era go digital seperti saat ini para pelaku bisnis dituntut untuk merubah metode pemasaran melalui teknologi digital. Bagi sebagian para pelaku bisnis metode digital ini tidak mudah. Namun, mari kita lihat manfaat dari teknologi digital untuk bisnis UMKM. 

1. Bisnis Online

Bagi pemilik bisnis yang masih menjalankan metode konvensional tidak menutup kemungkin untuk bertumbuh hanya saja akan tertinggal dengan pebisnis yang menjalankan bisnisnya secara online.  Hal ini dikarenakan metode konvensional lebih menguras waktu dan biaya.

Namun, dengan adanya internet saat ini dapat mempermudah Anda untuk menjalankan bisnis. Metode pemasaran yang dilakukan juga tidak sebatas informasi dari mulut ke mulut atau menggunakan iklan brosur.

Anda sebagai pemilik bisnis dapat memperkenalkan brand Anda secara online. Platform sosial media seperti facebook, instagram, bahkan google dapat menjadi media dalam memperkenalkan brand Anda.

2. Menghemat Biaya

Pemasaran dengan metode teknologi digital mampu menekan dan menghemat biaya pemasaran dan operasional. Menghemat biaya pemasaran dapat dilakuakn dengan memasarkan produk Anda melalui sosial media.

Begitu juga dengan menghemat biaya operasional Anda dapat menjalankan bisnis tanpa harus sewa tempat dan juga jumlah karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut survey yang dilakukan oleh Gartner digital marketing menunjukan sebanyak 40% pengusaha mengakui adanya penghematan yang signifikan dan 28% pengusaha memutuskan untuk mulai bergeser dari cara konvensional menjadi teknologi digital.

3. Jangkauan Lebih Luas

Sebagai pebisnis pasti ingin mempromosikan produk dengan jangkauan konsumen yang lebih luas bahkan sampai internasional. Jika Anda masih menggunakan cara konvensional untuk mewujudkan hal tersebut sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Dengan memanfaatkan teknologi digital yang ada saat ini anda akan lebih mudah menjangkau konsumen keberbagai wilayah bahkan hingga luar negeri. Hal ini dikarenakan saat ini teknologi internet menjadi sarana yang paling cepat untuk terkoneksi dengan banyak orang dari bebagai belahan dunia.

4. Target Pasar Lebih Terukur

Seperti pada poin 3 di atas dengan memanfaatkan internet dalam hal ini teknologi digital selain jangkauan lebih luas Anda juga dapat menentukan target pasar yang ingin dituju dan sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Anda dapat memilih melalui platform pemasaran apa yang ingin digunakan dan kemudian mengatur target pasar seperti apa yang sesuai, misal dari umur, gender, wilayah dan lain sebagainya. Sehingga hanya orang-orang yang memiliki kualifikasi tersebut yang mendapatkan iklan Anda.

5. Pemasukan Lebih Banyak

Berdasarkan data dari google, bisnis yang menerapkan metode digital marketing memiliki kesempatan untuk meningkatkan pendapatan hingga tiga kali lebih besar. Dan untuk bisnis yang berskala kecil dan menengah yang memanfaatkan teknik digital marketing memiliki kesempatan untuk membesarkan usahanya hingga empat kali lebih baik.

Pemasukan yang lebih banyak dapat terealisasi apabila memanfaatkan teknik digital marketing yang tertarget dan tepat.

6. Proses Transaksi Lebih Mudah

Ketika sudah menentukan jangkauan iklan yang luas maka tidak menutup kemungkinan bahwa yang membeli produk Anda dari berbagai wilayah dan tempat yang berbeda. Jika metode pembayaran menggunakan tunai pasti akan merepotkan dan memakan waktu yang lama.

Namun, dengan adanya teknologi digital hal tersebut dapat diatasi. Metode pembayaran yang ditawarkan dapat berupa mobile banking atau internet banking yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama terkoneksi dengan internet.

7. Analisis Pasar

Dengan menggunakan teknologi digital Anda dapat dengan cepat melakukan analisis pasar. Anda dapat langsung mendapatkan informasi mengenai produk apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Selain menganalisis pasar Anda juga dapat menganalisis kompetitor sehingga Anda dapat mengambil startegi pemasaran yang tepat.

8. Brand Reputation

Membangun dan mempertahankan brand agar dapat terus bersaing adalah hal yang penting bagi pebisnis. Dengan menggunakan internet dapat mempermudah Anda untuk membangun dan mempertahankan brand dengan cara meningkatkan awareness masyarakat luas terhadap brand Anda.

9. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Survei yang dilakukan oleh Nielsen Global Online Customer Survey mengemukakan bahwa sebanyak 90% konsumen percaya akan informasi dari sebuah produk, layanan, atau brand melalui kolega, teman, atau keluarga yang telah meberikan penilaian atau rekomendasi.

Dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian atau review yang Anda cantumkan di sosial media sangat penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan penjualan. 

10. Beragam Cara Promosi

Memanfaatkan teknologi digital melalui digital marketing Anda memiliki banyak pilihan untuk melakukan promosi dan tentunya dengan biaya yang lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan teknik konvensional. 

Dengan teknologi digital Anda juga dapat mempromosikan produk menggunakan gambar dan video melalui platform sosial media, market place atau pun website khusus produk yang Anda jual. 

Nah, itu dia Mom’s 10 manfaat teknologi digital untuk bisnis UMKM semoga dapat menjadi inspirasi.