Indonesia Women's Empowerment Program

Photo by EKATERINA BOLOVTSOVA from Pexels

Iwep.org, Jakarta – Mom’s sebagai seorang pengusaha wanita pastinya sering sekali dihadapi masalah apa lagi jika Anda baru memulai usaha. Oleh karena itu Anda harus memiliki skills yang dibutuhkan pengusaha khususnya wanita untuk menjalankan bisnis Anda.

Mungkin pernah terlintas juga dalam benak Anda kira-kira skills apa saja sih yang harus dimiliki seorang pengusaha khususnya pengusaha wanita. Berikut skills yang dibutuhkan.

1. Pengetahuan Keuangan (Financial Knowledge)

Salah satu skill yang berguna dan bermanfaat adalah pengetahuan mengenai keuangan. Dengan Anda memahami neraca, pajak, pembukuan dan hal lain yang berkaitan dengan keuangan.

Dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai keuangan dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan mengenai seberapa banyak Anda harus melakukan pengeluaran maupun seberapa banyak yang harus Anda inventasikan untuk mengembangkan usaha Anda.

2. Jaringan atau Networking

Memiliki jaringan yang solid sangat penting bagi setiap profesional termasuk juga untuk business owner. Jadi, sangat penting untuk Anda meluangkan waktu untuk membangun jaringan. 

Membangun jaringan dapat dilakukan dengan menjadi pendengar aktif, berpartisipasi dalam diskusi, atau bergabung dalam suatu komunitas. Hal yang harus Mom’s ingat juga adalah membangun usaha adalah perjalanan panjang, jadi penting untuk melakukan pendekatan tanpa mengharapkan imbalan langsung dari setiap hubungan.

3. Negosiasi

Negosiasi merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki dalam melakukan usaha. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang murah bahkan gratis. Jadi, sangat penting untuk dapat memutuskan seberapa jauh Anda bersedia bernegosiasi dengan klien Anda.

Dalam bernegosiasi Anda belajar untuk mempertahankan keutamaan produk. Selain itu Anda juga belajar untuk mengatasi keberatan yang muncul dan memberikan jawaban yang memuaskan bagi calon klien. 

4. Digital Marketing Dan Social Media

Social Media merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk membuat koneksi dan jaringan. Melalui social media juga Anda dapat membangun brand image untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Mom’s harus memilih social media mana yang sesuai dengan produk yang dimiliki.

Dari social media Anda juga harus belajar bagaimana melakukan promosi dengan menggunakan digital marketing. Belajar menulis konten yang sesuai, cara melalukan promosi di social media dan menganalisa tingkat keberhasilan promosi, 

Bahkan jika Anda memiliki tim juga setidaknya Anda harus mengerti dan memahami mengenai digital marketing dan penggunaan social media.

5. Time Management

Menjalankan bisnis sendiri adalah bagaimana Anda memanfaatkan antara waktu yang dihabiskan dan uang yang dihabiskan. Semakin banyak uang yang Anda keluarkan, semakin banyak waktu yang Anda hemat biasanya.

Untuk menanggulangi masalah tersebut Anda harus dapat membuat skala prioritas pekerjaan, sehingga Anda dapat memanfaatkan waktu dengan efektif. Atau ketika Anda memiliki tim maka Anda harus dapat memberikan delegasi pekerjaan kepada tim untuk kinerja yang lebih efisien. 

Karena sebuah organisasi tidak tumbuh ketika pendiri melakukan sebagian besar pekerjaan. Itu tumbuh ketika mereka membuat waktu strategis untuk merencanakan sepuluh langkah berikutnya untuk tim mereka.

Itu dia Mom’s 5 skills yang wajib dimiliki pengusaha khususnya pengusaha wanita. Semoga dapat memberikan insipasi.