Indonesia Women's Empowerment Program

Iwep.org, Jakarta – Berjualan melalui toko online untuk pemula pasti gampang-gampang susah ya Mom’s. Dengan perkembangan jaman yang sudah kearah digitalisasi dan juga ditengah situasi pandemi saat ini berjualan dengan membuka toko online menjadi opsi yang menarik untuk dicoba.

Berjualan online sepertinya terlihat mudah, padahal berjualan online sebenarnya memiliki tantangan. Berikut 7 tips jualan online agar laris manis.

1. Kenali Produk Yang Anda Jual

Mom’s kalau jualan onlinenya laris manis hal pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu kelebihan produk yang Anda jual. Dengan mengetahui kelebihan dari produk yang dijual akan membuat pembeda dari pesaing yang menjual produk serupa.

Kelebihan dari produk bisa berupa harga, kualitas barang, ketersediaan barang dipasar, kemudahan penggunaan, hingga apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Kalau Mom’s mengalami kesulitan untuk mencari kelebihan produk, maka cobalah untuk melihat dari sudut pandang kompetitor, kira-kira apa saja yang menjadi keunggulan produk yang Mom’s jual tetapi tidak dimiliki kompetitor.

2. Foto Produk Yang Berkualitas

Tips jualan online supaya laris manis berikutnya adalah foto produk yang berkulitas agar calon pembeli dapat memiliki gambaran mengenai barang yang akan mereka beli. Ambil beberapa foto dengan beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang jelas.

Hindari banyak objek dalam foto agar fokus foto pada produk yang akan dijual. Sedangkan untuk pencahayaan Mom’s bisa menggunakan pencahayaan natural jika dirasa kurang jangan takut menggunakan aplikasi untuk mencerahkan foto. 

3. Deskripsi Produk Yang Rinci

Ketika berjualan apapun secara online baik di marketplace, sosial media, maupun website hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah deskripsi produk yang lengkap. Dalam mendeskripsikan produk tulislah sedetail mungkin hal-hal yang mungkin menjadi pertanyaan calon pembeli dan juga sertakan detail mengenai merek, model, pabrikan dari mana, dan kondisi barang apakah baru atau barang bekas.

4. Membuat Promo

Promo merupakan salah satu tips yang dapat digunakan untuk menarik calon pembeli. Mom’s bisa mengikuti program promo yang ada di marketplace atau membuat promo sendiri. Bentuk promo bisa berupa cashback atau diskon, bisa juga berupa gratis ongkos kirim.

Selain promo seperti disebutkan diatas Mom’s juga bisa mempromosikan toko melalui sosial media maupun forum-forum yang sesuai dengan target market.

5. Membuka Banyak Toko

Jika membuka banyak toko offline tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar. Namun dengan online Mom’s bisa membuka banyak toko diberbagai platfom marketplace, sosial media, maupun website khusus. Dengan membuka banyak toko membuat calon pembeli menakses toko Anda dari berbagai platfom.

6. Menanggapi Pertanyaan Dengan Cepat

Tips berikutnya adalah Mom’s harus siap siaga untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli. Hal ini dikarenakan pergerakan di marketplace yang cenderung cepat jadi Mom’s dituntut untuk memantau pesanan yang masuk maupun pertanyaan-pertanyaan terkait produk yang ditanyakan oleh calon pembeli.

7. Tetapkan Harga Wajar

Tips terakhir adalah tetapkan harga yang wajar. Penting untuk Mom’s menentukan harga yang wajar agar produk yang dimiliki dapat terjual tanpa tersisa. Untuk menentukan harga wajar Mom’s bisa melihat harga dari pesaing. Penentuan harga juga dapat diimbangi dengan tips memberikan promo.

Itu dia Mom’s 7 tips jualan online agar laris manis. Semoga tips diatas dapat menginspirasi ya Mom’s.