Indonesia Women's Empowerment Program

Peran UMKM Perempuan Cirebon sebagai Pahlawan Ekonomi

Acara yang diselenggarakan pada 25 November 2022 ini sebagai salah satu sarasehan atau pertemuan untuk mendengarkan pendapat dari orang-orang yang bergelut dalam dunia UMKM. Acara yang menghadirkan pemangku kepentingan di Cirebon, dinas pemerintahan kota dan daerah, serta pelaku UMKM Cirebon untuk membicarakan perkembangan UMKM yang perlu diperhatikan baik bagi pemerintah maupun pelaku UMKM nya itu sendiri agar dapat lebih berdaya.

Semenjak 2020, Pandemi Covid-19 telah membawa gejolak perekonomian yang dirasakan sampai ke daerah-daerah. Hal ini ditandai dengan lesunya aktivitas ekonomi yang terjadi selama masa pandemi dan terjadi di Cirebon. 

Melihat fenomena UMKM yang memili daya juang untuk dapat mempertahankan kondisi perekonomian daerah, IWEP selaku lembaga riset dan pemberdayaan UMKM menaruh perhatian untuk melakukan riset independen dan sarasehan denga pihak terkait.

Pembukaan acara Bincang UMKM yang disampaikan sambutan Wakil Walikota Cirebon,  Ibu Dra. Hj. Eti Herawati. Dukungan pemerintah Kota Cirebon akan pengembangan UMKM dimana sebagian besar dipegang oleh wanita menjadi peranan yang penting dalam roda perekonomian daerah seperti di Cirebon.

Sambutan Wakil Walikota Cirebon Ibu Dra Hj Eti herawati
Sambutan Wakil Walikota Cirebon Ibu Dra Hj Eti Herawati

Bincang UMKM dengan tema Perempuan Pesisir Berdaya menghadirkan narasumber yang memberikan pengetahuan dan wawasannya terhadap perkembangan UMKM di Cirebon yang dihadirkan diantaranya :

1. Kabid UMKM Cirebon, Bapak Maharto

2. Kepala Rumah BUMN Cirebon, Ibu Nurmalitasari

3. Pendamping UMKM dan Ketua Ibu PKK Desa Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Ibu Nurhayati

4. Pelaku UMKM, Septi Ariyani – Rama Shinta Rumah garam Cirebon

Bincang UMKM dengan Kabid UMKM Kab. Cirebon, Pendamping UMKM, dan Pelaku UMKM
Bincang UMKM dengan Kabid UMKM Kab. Cirebon, Pendamping UMKM, dan Pelaku UMKM
 pelaku

Presentasi Hasil Riset UMKM Cirebon 2020

Bincang UMKM ini juga menyampaikan hasil riset UMKM Cirebon yang telah IWEP (Indonesia Women’s Empowerment Program) lakukan selama 2 bulan, Juli-Agustus 2022, yang dirangkum dalam sebuah infografis dan buku yang disampaikan Founder & Direktur IWEP N. Putri Utami.

Presentasi Hasil Riset UMKM Cirebon 2022 oleh Founder & Direktur IWEP

Sebagai salah satu lumbung UMKM yang memiliki keunikan dan daya tariknya sendiri, UMKM Cirebon menjadi harta karun yang perlu digali kembali potensinya. Banyaknya perempuan yang menjadi tumpuan UMKM di daerah menjadi gambaran yang jelas akan peranannya dalam perekonomian daerah.