Indonesia Women's Empowerment Program

Pertengahan tahun 2019 IWEP menyelengarakan Workshop Series di 3 kota, yakni Bogor, Cirebon dan Yogyakarta. Workshop Series ini ditujukan untuk memberikan pelatihan kepada pengusaha perempuan agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam pengelolaan usaha.

Materi yang disampaikan pada workshop series ini disesuaikan dari kebutuhan di masing–masing kota. Pada 20 September 2019, IWEP menyelenggarakan workshop di Bogor (kegiatan pada gambar di atas) bertemakan  Luaskan Pasar melalui Go Digital dengan Digital Marketing.

Gambar 1.  Pembukaan Acara Workshop di Cirebon oleh N. Putri Utami selaku Founder IWEP

Pada 4 Oktober 2019, IWEP menyelenggarakan workshop di Cirebon bertemakan Luaskan Pasar dengan Go Digital dengan Digital Marketing. Di dua Workhsop Bogor dan Cirebon yang bertemakan sama ini memberikan teori serta praktik langsung. Peserta workshop mempelajari bagaimana mempromosikan produknya melalui platform media sosial.

Gambar 2. Suasana Workshop Digital Marketing, Cirebon 2019

Melalui media Sosial, banyak fitur yang dapat dimanfaatkan  yakni memaksimalkan konten melalui copywriting dan foto produk yang ada. Peserta juga diberi wawasan pentingnya membangun keterkaitan produk dengan customer yang dapat dijalin di media sosial yang dapat terjadi secara alami / organik. Selain itu, peserta juga diajarkan praktik teknis untuk memanfaatkan fitur iklan.

IWEP Workshop Bogor

Gambar 3. Suasana Workshop Digital Marketing, Bogor 2021

Dengan demikian produk UMKM dapat menjangkau orang yang lebih banyak dengan menyesuaikan setting demografi target marketnya di Facebook Ads Manager. Iklan ini juga bisa diatur untuk  dapat ditampilkan berupa story maupun feed baik di Facebook / Instagram. Hal ini agar mengoptimalkan iklan yang sesuai dengan budget dari pelaku UMKM sekaligus dapat tertarget pada customer.

Gambar 4. Sesi Motivasi. Workhsop di Cirebon oleh Owner Dakara Indonesia – Ayu Purnama

Khusus Workhsop Cirebon,  terdapat sesi inspiratif berupa penyampaian motivasi dari pegiat UMKM Perempuan yang telah sukses, yakni Ayu Purnama – Owner dari Dakara Indonesia. Ia menceritakan pengalamannya membangun usahanya agar dapat membangun semangat pelaku UMKM dapat tetap gigih memperjuangkan usahanya yang telah dijalankannya. Berkarya Tanpa Batas, pengusaha perempuan Indonesia mampu menggapai sukses dan memberikan kontribusi dengan perempuan di sekitarnya.