Indonesia Women's Empowerment Program

Diawali ketertarikan motif alami dan warna yang dihasilkannya dari kain Ecoprint, Ibu Yuli Hastuti mulai belajar dan menekuni teknik pembuatannya di tahun 2020. Dimana saat itu,roda perekonomian sedang lesu akibat pandemi. Siapa sangka berkat keuletannya, produk Ecoprint dari Swarna Alam oleh Ibu Yuli ini meminat hati pelanggannya.

 Sebagai pemula dalam  pembuatan ecoprint , saat itu Ibu Yuli belajar secara autodidak dan rajin mengikuti seminar hingga workshop online. Ecoprinting adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami untuk dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik dari daun-daunan hingga bunga. Teknik pembuatannya melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu, sehinga terjadi transfer warna pada kain.

Produk Swarna Alam Ecoprint terus berkembang. Hingga akhirnya, kompetensi Ibu Yuli terasah dan menghasilkan kain Ecoprint yang ditampilkan pada ajang Fashion Show di beberapa kota, seperti AEPI Fashion Festival 2022 di Yogyakarta, Kriyanusa 2022 di Jakarta, Bali Fashion Festival 2022, dan sebagainya.