Indonesia Women's Empowerment Program

Menjadi Ibu, yakni perempuan yang mengasuh dan membesarkan keluarga terjadi tidak hanya di dalam lingkungan rumah sendiri. Inilah yang dilakukan Ibu Nurhayati, sebagai Ketua Ibu PKK di Desa Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Ia medorong ibu-ibu desanya yang sudah dianggapnya keluarga untuk dapat menghasilkan beraneka ragam produk oleh-oleh khas Cirebon.

Hal ini karena potensi Kota -Kabupaten Cirebon yang menjadi destinasi wisata lokal di jawa barat yang mudah dikunjungi dari beberapa Kota-Kabupaten Cirebon. Misalnya saja, tempat tinggal Ibu Nurhayati yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan, yakni di kaki pegunungan Ciremai, memiliki banyak potensi alam yang dapat dimanfaatkan dan digali potensinya bagi warga desa. Dengan demikian, ibu-ibu di desanya dapat mendapatkan penghasilan juga selain mengurus rumah tangga. 

Ia juga membantu pengurusan perizinan yang dibutuhkan UMKM bagi warga di Desa Patapan yang belum tahu cara membuatnya dan mendampingi dalam prosesnya. Seperti proses pembuatan NIB, IUMK, PIRT dan juga keterangan Halal.